Jumat, 12 November 2010

sejarah kanal

PPSWPA-KANAL Ambon berdiri pada tanggal 30 Mei 1996, banyak sudah prestasi yang diukir organisasi Pecinta Alam ini. KANAL memiliki Kader yang cukup beragam dan multi talenta, memiliki kemampuan spesifikasi masing-masing hingga mengantarkankan nama KANAL ditingkat Nasional. PPSWPA-KANAL pernah menjadi Kelompok Pecinta Alam Terbaik Tingkat Nasional di Tahun 1998, saat itu menjadi juara 1 (satu) yang mengantarkan KANAL diterima langsung Presiden RI yang ketika itu masih dijabat Bapak B. J. Habibie. Di Tahun 2008 ini PPSWPA-KANAL juga masih bisa menunjukan prestasi secara Nasional, hal ini dibuktikan dengan KANAL menjadi Kelompok Pecinta Alam (KPA) Terbaik Kedua Tingkat Nasional yang dianugrahkan pada tanggal 15-19 Agustus lalu di Jakarta, penghargaan ini diberikan langsung Menteri Kehutanan Republik Indonesia MS. Ka’ban, saat itu KANAL mewakili Maluku dikarenakan KANAL manjadi KPA terbaik Tingkat Provinsi. Wakan juga menceritakan ditahun 2008 ini, selain menjadi juara kedua KPA terbaik tingkat Nasional, KANAL juga pernah menjadi juara ketiga Perlombaan Survival Game yang dilaksanakan15-16 Maret lalu di Waduk Jatiluhur Purwakarta Jawa Barat, “Saat itu menjadi kebanggaan karena kami diberi kesempatan mewakili Indonesia bagian Timur” ungkapnya.
Selain itu PPSWPA-KANAL juga gencar melalukan ekspedisi dan peningkatan Skiil para anggota, ditahun 2004 saat itu dipimpin Hasan Holle sebagai Ketua Umum periode 2004-2006, KANAL pernah menjadi juara Favorit juga mewakili Maluku dalam perlombaan Tapak Rinjani IV yang dilaksanakan di Gunung Rinjani Nusa Tenggara Barat.
Meskipun tidak didukung secara penuh oleh Pemerintah Daerah kami masih bisa berkarya”, yang menjadi tanggungjawab dan semangat sampai organisasi KANAL ini berdiri dan masih ada hingga saat ini dikarenakan potensi generasi muda yang cukup besar, perpaduan dari seluruh unsur pemuda tanpa memandang status, agama maupun golongan menjadikan KANAL lebih hidup. Pical menegaskan bahwa KANAL berkarya bukan untuk siapa-siapa namun untuk pemuda dan masyarakat, sebab saat ini melihat semakin maraknya perilaku penyimpangan yang dilakukan pemuda seperti halnya penggunaan penyimpangan penyalahgunaanNarkoba menjadi tantangan tersendiri bagi KANAL untuk merangkulnya dan memberikan kepercayaan bagi dirinya tentang potensi yang dimiliki bersangkutan untuk ditumbuh kembangkan.
KANAL berkomitmen bersama kepengurusan yang baru yang dibantu seluruh anggota akan lebih memajukan KANAL, yakni dengan penguatan konsolidasi organisasi yang dilakukan bukan hanya di Ambon, tapi juga dibeberapa Kabupaten dan Provinsi yang sudah dibentuk sebelumnya, yakni diantaranya PPSWPA-KANAL Masohi di Kota Masohi Kabupaten Maluku Tengah, PPSWPA-SALAM di Tual Kabupaten Maluku Tenggara, dan PPSWPA-KALAM di Kota Ternate Provinsi Maluku Utara. Konsolidasi ini diharapkan akan menguatkan para kader untuk lebih kritis dalam mengadvokasi kepentingan lingkungan dan masyarakat dimasa yang akan datang...

0 komentar:

Posting Komentar

buku tamu


ShoutMix chat widget

© PPSWPA KANAL AMBON 2010