Kamis, 06 Januari 2011

Tehnik Turun / Rappeling

Teknik ini digunakan untuk menuruni tebing. Dikategorikan sebagai teknik yang sepenuhnya bergantung pada peralatan. Prinsif Rappeling adalah sebagai berikut :
1. menggunakan tali reppel sebagai jalur lintasan dan tempat bergantung.
2. menggunakan gaya berat badan dan gaya tolak kaki pada tebing sebagai pendorong gerak turun.
3. menggunakan salah satu tangan untuk keseimbangan dan tangan lainnya untuk mengatur kecepatan turun.
Macam macam dan variasi teknik Rappelling
1. Body Rappel menggunakan peralatan tali saja, yang dibelitkan sedemikian rupa badan. Pada teknik ini terjadi gesekan antara badan dengan tali sehingga bagian badan yang bergesekan akan terasa panas.
2. Brakebar Rappel menggunakan sling / tali tubuh, carabiner dan tali. Modifikasi lain dari brakebar adalah descender ( figure 8). Pemakaiannya hamper sama, dimana gaya gesek diberikan pada descender atau brakebar.
3. Sling rappel menggunakan sling atau tali tubuh, carabiner dan tali. Cara ini paling banyak dilakukan karena tidak memerlukan peralatan lain, dan dirasakan cukup aman. Jenis simpul yang dianjurkan adalah jenis Italian hitch
4. Arm Rappel / Hesti menggunakan tali yang dibelitkan pada kedua tangan melewati bagian belakang badan. Dipergunakan untuk tebing yang tidak terlalu curam.
Dalam rappelling usahakan posisi badan selalu tegak lurus pada tebing dan jangan terlalu cepat turun. Usahakan mengurangi sesedikit mungkin benturan badan pada tebing dan gesekan antara tubuh dengan tali.
Sebelum menuruni tebing hendaknya :
1. periksa dahulu anchornya
2. pastikan tidak ada simpul pada tali yang dipergunakan.
3. sebelum sampai ketepi tebing hendaknya tali sudah terpasang dan pastikan bahwa tali sampai ke bawah ( ke tanah )
4. usahakan melakukan pengamatan sewaktu turun, ke atas dank ke bawah, sehingga apabila ada batu atau tanah jatuh kita dapat menghindarkannya, selain itu juga dapat melihat lintasan yang ada.
5. pastikan bahwa pakaian tidak akan tersangkut carabiner atau peralatan lainnya.

0 komentar:

Posting Komentar

buku tamu


ShoutMix chat widget

© PPSWPA KANAL AMBON 2010