Kamis, 06 Januari 2011

Penambatan / Anchor

Pada jenis kegiatan panjat tebing, peran penambatan adalah syarat utama, karena dengan ini keselamatan dapat lebih terjamin. Teliti, hati hati dan harus benar pemasangannya. Untuk selanjutnya kita istilah pengaman pada penambatan.
Pengaman ada dua jenis, yaitu :
pengaman alam ( Natural Anchor )
pengaman buatan ( Artificial Anchor )

1. pengaman alam ( Natural Anchor )
pada prinsipnya pemasangan pengaman adalah dengan memanfaatkan semaksimal mungkin, cacat batuan pada tebing. Khusus pengaman alam, yang biasa dimanfaatkan pada tebing sebagai sarana pemasangan pengaman yaitu :
pohon : pemasangan diusahakan harus dekat pada pangkalnya, dengan cara dijerat memakai tali pita atau webbing.
Lubang tembus : termasuk jenis pengaman yang palin disukai. Cara pemasangan webbing atau tali pita sama dengan pemasangan pada pohon (dijerat)

2. Pengaman buatan ( Artifisial Anchor )
Pengaman sisip / chock biasanya dipasang pada cacat batuan ( berupa celah)
Pengam sisip pegas ( Sping Loaded Camming Devices ) biasanya dipasang pada celah yang menyempit, baik vertical maupun horizontal.
Pengaman pasak / piton biasanya dipasang pada cacat batuan yang dangkal, sempit, berbentuk pipih untuk memudahkan pemakaiannya.
Bengaman baut tebing/ bolt ini jenis pengaman yang pemasangannya paling akhir kerena penggunaanya apabila tidak terdapat cacat batuan yang lain ( blank). Pemakaian cara ini dengan diborkan pada tebing.

Pengaman sisip ada / Chock ada tiga jenis yaitu :
1. jenis hexentric berbentuk segi enam asimetris, baik pemasangannya pada celah menyempit ke bawah, atas atau sejajar. Pada celah menyamping dipasang sama dengan stopper.
2. jenis stopper berbentuk simetris, pemasangannya pada celah menyempit ke bawah, pada celah horizontal haus dipadang ganda (opposaide)
3. jenis tricams berbentuk paruh burung, dipasang pada celah menyempit ke bawah. Bagian paruh dipasang di atas / di bawah, celah menyamping dipasang ganda.

Jenis pengaman sisip pegas Sping Loaded Camming Devices
1. Regular Friend, dapat berfungsi baik bila terpasang pada celah vertical
2. Metolious
3. Flexsible friend, dapat di pasang pada celah horizontal
4. HB, Quadcam
5. Camalots, dapat berfungsi sebagai chock pula

Jenis pengaman pasak / piton
1. Angle
2. Kingpin
3. Bonk
Namun yang terpenting adalah bagaimana cara pemasangannya yang SELESAI...!!!!memenuhi aturan.

0 komentar:

Posting Komentar

buku tamu


ShoutMix chat widget

© PPSWPA KANAL AMBON 2010