Kamis, 06 Januari 2011

Sejarah dan Perkembangan Panjat Tebing

Bukti pertama yang mengawali sejarah panjat tebing adalah yang dilakukan oleh orang - orang di wilayah Pegunungan Alpin, memanjat karena dipaksa mata pencaharian (tahun 1492). Lalu pastor- pastor Yesuit yang melintasi Pegunungan Himalaya untuk misinya di tahun 1624. Di awal abad 1800-an para pendaki Inggris berjaya, diawali oleh Alfred Wills yang mendaki Watterhorn ( 3708) ini menjadi cikal bakal pendakian gunung sebagai olahraga.
Lahirnya Ice Climbing (panjat es) ditandari dengan di panjatnya dinding selatan mount Blanc lewat lintasan Old Brenva di tahun 1865. Di Prancis tebing Aiguille De Dru berhasil dipanjat oleh regu yang dipimpin oleh Clinton Dent.. Dari sini trend baru pemanjatan tebing yang tak seberapa tinggi namun curam dan sulit mulai di patok.
Di awal tahun 1900an yang sering disebut bapak pendaki gunung modern Af Mummery hilang pada ketinggian sekitar 6000 meter di wilayah Nanga Parbat (8125)
Carabiner pertama dipakai oleh pemanjat pemanjat dari Munich, Jerman Barat yang diilhami penggunaannya dalam pasukan pemadam kebakaran.
Populernya kegiatan panjat tebing oleh kemajuan taraf hidup di Inggris dan Eropa. Sehingga banyak waktu terluang yang dipakai untuk memanjat. Tahun 1932 Grivell memperkenalkan carakes crampon, model 12 gigi yang hingga kini masih tetap digemari. Sekitar tahun 1933 pemanjat Itali Comici menandai Aid Climbing yang pertama dengan memanjat overhang dinding utara Cima Grande. Tahun ini pula sol sepatu vibram ditemukan oleh Vitale Brimini. Tahun 1937 kapak es menandai lahirnya panjat es modern menggantikan tongkat pendaki, digunakan oleh Bill Murray.
Tali nilon mulai digunakan menggantikan tali serat tumbuhan yang hampir tidak memiliki kelenturan di tahun 1950. Panjat bebas / free Climbing tumbuh di Inggris tahun 1951 yang dilakukan oleh pasangan Don Whilian dan Joe Brown menjadi tolak ukur dunia panjat tebing. Bersamaan dengan ini Aid Climbing pada kategori big wall dilakukan oleh W. Bonaiti. Masih pada Tahun yang sama revolusi pedas menjadi saingan tebing tebing granit dan batuan beku. Satu kemudian, 1952 Herman Buhl solo di dinding timur laut Piz Badile di Swiss. Dialah kakek moyang Speed Climbing di dunia. Lagi lagi Herman Buhl dan tim Austria mematok pendakian gunung 8000-an dengan Alpin Tactic. Dicapai puncak Broad Peak ( 8047)
Sedangkan teknik gabungan free dan Aid Climbing pertama dilakukan oleh Claudio Barbier dari Belgia. Di solonya Tre Cima Laverdo Speed Climbing satu hari. Tahun 1960 helm mulai dipergunakan para pemanjat tebing, harnnes menjadi wajib dipakai, merek tankey dibuat dari webbing menjadi produksi massal pertama.
Dengan di pakainya tebing Citatah T.40 ( komando) oleh Pasukan Angkatan Darat sebagai ajang latihan. Tahun 1962 pertama kalinya puncak Cartencz Pyramide oleh tim Heinrich Heiner juga puncak Eiden Burg oleh ekspedisi yang di pimpin oleh Philip Temple. Awal pemakaian baut tebing di Alpin. Dan para pendaki mulai berminat menjajaki tebing pantai.
Gebrakan dibuat oleh Hemming dan Robbins pemanjat Amerika Serikat di Alpin membuat lintasan super sulit di dinding barat Du Dru, Tahun 1962. Tahun 1964 dua organisasi pendaki gunung lahir Wanadri di Bandung dan Mapala UI di Jakarta. Prestasi - prestasi terus di lahirkan. Revolusi alat bagi para pendaki es, kapak es berujung lengkung ditawarkan oleh Chouinnard dan Mc. Innes memperkenalkan Terodactyl. Lagi - lagi lahir skrup es berbentuk piva muncul meningkatkan standar Ice Climbing. Inggris mempelopori penggunaan tali karnmanter tahun 1967.
Tahun 1969 Reinhold Messner hingga akhir 1970-an merajai dunia penjakian dan pemanjatan tebing. Solo di dinding es raksasa Les Droites- Hidden Peak ( 8068) bersama peter Habeler 3 hari dengan Alin push. Kecepatan di Eiger dengan waktu 10 jam. Pendakian ke Everest tanpa bantuan oksigen. Diakhiri dengan pendakian solo di nanga parbat dalam waktu 12 hari. Sungguh prestasi!!!.
Sejarah Dan Perkembangan Panjat Tebing Di Indonesia
Awal mulanya diilhami oleh referensi dari Epora. Tahun 1976 patok panjat tebing modern di Indonesia pertama kali. Dengan tali nilon Harry suliztiarto panjat memanjat di Citatah. Perkembangannya dengan didirikannya Skyger Amauter Rock Climbing Grup.
Di tahun 1980 pertama kali tebing Parang di panjat tim Wanadri yang juga tim pertama kali ekspedisi ke Cartensz pegunungan Jaya Wijaya. Skyger School pertama kali di adakan sebelumya tahun 1971 Mapala UI mencapai Puncak Jaya.
Pada tahun 1980-an berbagai ekspedisi dilakukan. Tahun 1981 dua ekspedisi Indonesia di dinding selatan Cartensz Mapala UI dan ITB. Hartono Basuki gugur di sini. 1982 Ahmad Fatahadi ( Alm) dari kelompok Gideon Bandung tewas terjatuh, korban pertama panjat tebing modern Indonesia. Masih bayak lagi kegiatan - kegiatan besar di duia panjat tebing Indonesia antara lain speed climbing yang dilakukan oleh Sandi ( Alm) dengan Djati di tebing Parang rekor di jalur 240. pemanjatan long Route berkembang berprestasi sehingga didirikan wadah pemanjat Indonesia dengan nama Federasi Panjat Tebing Indonesia.

0 komentar:

Posting Komentar

buku tamu


ShoutMix chat widget

© PPSWPA KANAL AMBON 2010